Berita

Mobil Balap Listrik Karya Mahasiswa Unpas Bandung Mejeng di IIMS

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Mobil balap listrik karyaUniversitas Pasundan (Unpas)Bandung, dipamerkan dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, di Jakarta International Expo, Jl. Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (7/4/2016).

Mobil balap yang menyerupai mobil Go Kart yang diberi nama Kujang 193 itu, behasil meraih juara II di ajang balap mobil listrik, Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) VII di Politeknik NegeriBandung, pada 2015 lalu.

Menurut perwakilan kelompok pembuat mobil tersebut, Muhammad Iqbal dari Tim Jalak Harupat, Unpas, dalam ajang tersebut, Kujang 193 dinilai unggul dalam percepatan, pengereman, dan daya tanjak.

Mengenakan almamater Unpas, Iqbal mengaku, bahwa pembuatan mobil yang dibuat pada 2012 tersebut, memang ditujukan untuk memenangkan kompetisi balap mobil listrik tingkat universitas se-Indonesia tersebut.

Dirinya juga menjelaskan mobil balap berwarna hitam berbobot 204 Kg itu dapat dipacu hingga kecepatan maksimal 60-70 Km/jam.

Pembuatan mobil balap tersebut diakuinya tak lepas dari bantuan Dosen Unpas.

“Ini mobil Kujang 193, jenisnya mobil listrik style-nya racing, khusus untuk lomba mobil listrik tingkat universitas se-nasional,” katanya.

“Waktu di KMLI, Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (VII) itu kita dapet juara umum II, untuk kategorinya kita, dapet kategori percepatan, terus pengereman, sama uji daya tanjak,” tuturnya.

“Kita terinspirasi dari lomba, kita itu kelar mengikuti lomba dua tahun, kita baru bikin mobil listrik kaya gini tahun 2012, ada salah satu dosen dari Unpas juga yang menyemangati-lah, ngasih jalan gitu buat anak-anaknya, biar bisa bikin mobil listrik dan ikut lomba kaya gitu,” ucapnya.

“Ya untuk balapan, kita desain khusus untuk mengikuti lomba itu, yang kita kejar itu memang kecepatan, akselerasi, daya tanjak, pokoknya yang berhubungan sama power, itu yang kita kejar, top speed-nya kurang lebih 60 sampai 70 Km/jam,” tambahnya.

Selain karya Mahasiswa Unpas, Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakartajuga menampilkan karyanya.

Sebagaimana diketahui, IIMS 2016 tidak hanya memamerkan produk-produk otomotif merek luar neger, tetapi juga produk-produk otomotif nasional, beberapa di antaranya (selain yang sudah disebtukan): mobil khusus off road dan Komodo, Kendaraan Tempur Intai TNI AD, Komodo.

IIMS 2016 digelar selama sepuluh hari, mulai dari 7 April hingga 17 April mendatang. (*)

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *